man, ocean, and computer..

Simpang Dago Bandung, sekarang..

Sejak beberapa hari (atau minggu) yang lalu, arus lalu lintas di Simpang Dago, Bandung, telah dirubah. Tidak ada lampu lalu lintas, artinya semua langsung jalan. Tapi kendaraan dari Jalan Siliwangi, diarahkan ke utara / atas / ke arah Dago Atas. Sedangkan kendaraan dari arah Jalan Dipatiukur, diarahkan ke selatan / bawah / ke arah flyover Cikapayang. Sedangkan dari arah utara dan selatan, bebas jalan kemana saja. Untuk lebih jelasnya lihat peta ini (atas peta adalah arah utara).

Screen Shot 2016-01-09 at 10.09.24 PM

Sejak saya pertama kuliah di Bandung (tahun 2008), saya selalu melewati (atau nyerempet melewati) perempatan ini untuk berangkat ke kampus (ITB), karena saya sempat kos di Sangkuriang, Cihaur, Dago Pojok, dan terakhir sekarang di Cigadung. Dari dulu pula saya selalu merasakan kemacetan, apalagi disaat pagi, sore, ataupun weekend. Dari dulu pula, sudah 7 tahun sampai sekarang, macet terus tanpa ada solusinya.

Sebenarnya banyak versi penyebab macetnya Simpang Dago dan sekitarnya. Mulai dari ada pasar, angkot ngetem, lampu lalu lintas terlalu lama dan bergantian, sampai karena tidak ada polisi disana. Apapun alasannya, tidak ada solusi, dan tidak ada perubahan.

Ada cerita menarik soal kemacetan di Simpang Dago. Pernah saya mendapat tugas dari dosen saya di mata kuliah Pengantar Rekayasa Infrastruktur saat tingkat pertama kuliah. Dan kelompok saya mendapat tugas mencari solusi terbaik untuk Simpang Dago. Singkat cerita, solusi kita waktu itu cukup ekstrim, yaitu membuat flyover dari arah utara-selatan, atau solusi versi murahnya adalah menutup jalur dari Jalan Siliwangi dan Jalan Dipatiukur. Intinya, kita memberi prioritas untuk arah utara-selatan. Tentunya kita ngga ngasal, karena kita punya data, data volumen kendaraan dari masing-masing arah. 4 orang mengukur traffic dari 4 arah yang berbeda, pada jam-jam tertentu yang berbeda. Didapat hasilnya memang dari arah utara-selatan sangat dominan, jumlahnya hampir 5 kali lipat dari 2 arah yang lain, pada waktu itu. Karena itulah didapat rekomendasi dari kita seperti itu.

Jalan di kota Bandung rata-rata memang sempit, sehingga permasalahan lalu lintas menjadi rumit. Selama beberapa tahun belakangan, memang banyak solusinya adalah banyak jalan yang diatur menjadi satu arah. Beberapa cukup efektif, walaupun akan membingungkan beberapa orang yang tidak sering lewat jalan tersebut. Untuk permasalahan Simpang Dago sekarang, sepertinya pengalihan arus juga merupakan solusi terbaik sejauh ini.

Dari pengalaman saya melewati Simpang Dago pada jam-jam tertentu secara acak, baik jam sibuk atau tidak, pengamatan saya melihat solusi sekarang ini cukup efektif. Saya baru mengamati pada jam berangkat dan pulang pada hari kerja, tetapi belum melihat kalau weekend. Namun gambar diatas saya capture pada malam Minggu tanggal 9 Januari 2016 jam 8 malam. Apabila Google Maps akurat, tidak terlihat adanya kemacetan seperti biasa sampai merah. Biasanya di malam Minggu, Simpang Dago sangat macet parah hingga kebawah. Malam ini, tidak terlihat hal tsb.

Kenapa Simpang Dago bisa berubah agak tidak macet sekarang? Analisa saya:

  1. Karena volume terbesar dari arah utara-selatan, sekarang bebas seperti bendungan jebol.
  2. Karena pada akhirnya kendaraan dari arah barat-timur mereka mencari jalan kecil sebagai alternatif di sekitar Simpang Dago. Dan karena tidak mau dialihkan, mereka akhirnya masuk Simpang Dago dari arah utara-selatan, dan itu jalan bebas hambatan.

PS:

Analisa diatas hanya pengamatan saya selama beberapa minggu terakhir semenjak pengalihan arus Simpang Dago, tidak akurat dan tidak memakai data, hanya pengamatan visual di jam-jam tertentu, dan tidak termasuk pengamatan saat weekend. Bisa juga dikarenakan situasi jalan belum normal terkait masih dekat dengan tahun baru.

Terima kasih.

Advertisements

Filed under: Uncategorized, , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Category Cloud

Uncategorized
%d bloggers like this: