man, ocean, and computer..

Sejarah Hari Ulang Tahun Kota Jogja

Hari ini kota kelahiran saya, Jogjakarta/Yogyakarta ber-ulang tahun yang ke 257. Sudah cukup tua Kota Jogja saya ini. It means, Kota Jogja sudah berdiri tahun 1756 (bener gak? saya ngitung diawang-awang). Kira-kira beberapa tahun lalu, saya cukup penasaran mengapa penentuan hari lahir Kota Jogja ditentukan tahun tersebut. Karena secara administratif mestinya hari lahir semua kota di Indonesia adalah setelah Indonesia merdeka, tetapi tidak. Contoh lain adalah Jakarta, yang sudah berumur ratusan tahun yang lalu, yang ditentukan dengan momentum dikuasainya Jakarta oleh Fatahillah dan diubah namanya menjadi Kota Jayakarta. Nah, bagaimana dengan Kota Jogja, darimana asal usul ditetapkannya tahun berdirinya Kota Jogja?

Ingatan saya kembali ke beberapa tahun yang lalu, kalau tidak salah saat saya lulus SMA. Waktu itu sempat terjadi polemik, karena ditemukan sumber sejarah baru. Itu artinya, perlu disesuaikan tanggal lahir Kota Jogja, atau harus dikaji kembali kapan hari lahir Kota Jogja. Sebelumnya, ada beberapa versi mengenai kelahiran Kota Jogja, diantaranya:

  • 13 Februari 1755 = adanya Perjanjian Giyanti yang memisahkan kerajaan Mataram menjadi dua, yaitu Yogyakarta dan Surakarta. Saat itu pusat kerajaan Mataram tidak berada di Kraton Yogyakarta.
  • 7 Oktober 1756 = pembangunan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat hingga selesai serta masuknya Sri Sultan Hamengkubuwono I ke dalam Kraton.
  • 4 Januari 1946 = Yogyakarta sebagai Ibukota RI. Seperti yang kita ketahui, Yogyakarta pernah menjadi ibukota RI semasa Soekarno.
  • 7 Juni 1947 = penetapan formal melalui Keputusan Pemerintah RI tentang Pemerintah Kota Yogyakarta. Ini yang saya maksud di awal tadi.

Selain itu masih banyak versi lain, tetapi hasil kajian meng-kerucut pada 4 tanggal yang dianggap paling penting dan memenuhi kriteria kajian, yaitu:

  1. Dapat dipertanggungjawabkan secara histories.
  2. Terdapat tokoh historis tertentu sebagai penguasa atau pemimpin pada masa itu.
  3. Sedapat mungkin dicari dan dipilih momentum yang tertua.
  4. Mencerminkan identitas dan citra daerah.
  5. Mengandung nilai kebangsaan dan atau kepahlawanan.
  6. Memiliki nilai edukatif.
  7. Menimbulkan motivasi dan kebanggaan masyarakat.
  8. Dapat diterima oleh masyarakat luas.

Kemudian penentuan mana tanggal yang paling layak dilakukan dengan metode scoring (lagi-lagi scoring, seperti posting saya sebelum ini 😀 ). Scoring dilakukan oleh tim yang dipimpin Prof. Soedjito, SH. MA. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Untitled

Perhitungan dilakukan dangan cara memberi skor terhadap alternatif tanggal untuk setiap kriteria, dengan ketentuan scoring bukan jumlah tetapi sama dengan peringkat (juara) sehingga hasil akhirnya yang memiliki peringkat paling kecil adalah sang juara atau yang seharusnya dipilih. Berdasarkan hasil perhitungan yang ada maka tanggal 7 Oktober 1756 dengan jumlah skor 9 sebagai juara atau yang seharusnya di tetapkan sebagai tanggal Hari Jadi Kota Yogyakarta.

Setelah saya pikir, benar juga, yang paling valid adalah tanggal ini, karena secara de facto, Kota Jogja pertama ada adalah saat ini, dimana dulu Pangeran Mangkubumi / Sri Sultan Hamengku Buwono I, yang sebelumnya memerintah di daerah Ambarketawang, memutuskan untuk mendirikan kraton di tempat sekarang. Kraton ini terletak di Desa Pacethokan dalam Hutan Beringan yang pada awalnya bernama Garjitawati dan diantara 2 sungai, yaitu Kali Code dan Kali Winongo. Pertimbangan lokasi ini tentu sudah dipikirkan sisi strategis yang pada masa itu sangat penting untuk perang dan lain-lain.

Begitulah sejarahnya hari lahir Kota Jogja. Setelah ini saya jadi penasaran dan googling sejarah kota-kota lain di Indonesia hihihi :D.

Akhir kata, selamat ulang tahun Kota Jogja, kota tercinta!

 

Advertisements

Filed under: Uncategorized, , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Category Cloud

Uncategorized
%d bloggers like this: